Bursa Inovasi Desa

Bursa Inovasi Desa


JIMPITAN WARGA MAMPU MENDANAI PEMBAGIAN SEMBAKO WARGA DI MASA PANDEMI

JIMPITAN WARGA MAMPU MENDANAI PEMBAGIAN SEMBAKO WARGA DI MASA PANDEMI

Mungkin gambar 1 orang dan luar ruangan

bumiayu.desa.id  Sebanyak 100 an paket sembako dibagikan kepada warga terdampak penyebaran virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 di Dusun Tempel RT 05 RW 02 Desa Bumiayu. Paket-paket tersebut dibagikan oleh Pengurus RT 05 RW 02, Sudiono mengatakan, bantuan sembako tersebut merupakan salah satu respon terhadap kebutuhan masyarakat RT 05 selama masa pandemi Covid-19.

Mungkin gambar 2 orang dan orang berdiri

Pembagian sembako diberikan kepada sejumah masyarakat RT 05, Yaitu 1 Paket sembako untuk 1 Kepala keluarga. dana untuk pembelian sembako diperoleh dari program jompitan warga RT 05 yang kebetulan sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Untuk diketahui, bahwa  program Jimpitan adalah salah satu cara untuk mengumpulkan dana dengan cara menaruh kaleng  atau wadah yang ditempelkan didepan rumah warga dan diisi dengan usejumlah uang receh,kemudian setiap hari ada petugas yang secara bergiliran mengambil uang sejumlah Rp. 500 sampai Rp 1.000 di kaleng tersebut. sehingga kalau dikumpulkan selama 1 bulan di kali dengan 87 KK yang ada di RT 05 maka akan terkumpul sejumlah dana yang pemanfaatannya bisa untuk kegiatan warga. Zamroni salahsatu pengurus RT 05 berharap, bantuan tersebut bisa memberikan manfaat pada masyarakat RT 05 yang terdampak Covid-19 dan bisa berkelanjutan,sehingga sedikit meringankan beban ekonomi warga.

Mungkin gambar satu orang atau lebih dan orang berdiri
Sebelumnya , kegiatan pembagian sembako dari Jimpitan warga ini sudah dilaksanakan oleh RT yang lain juga di Dusun Tempel seperti di RT 07 RW 02,lalu RT 10 RW 03 dan terakhir di RT 09 RW 03. Hal ini bisa kita simpulkan bahwa ternyata kepedulian sosial dan kesukarelaan warga dalam program jimpitan ini sangat berhasil dan masih ada di era milenial ini, kemudian apabila di setiap RT berjalan program jimpitan ini,maka kegiatan apapun yang dirembug oleh RT bisa didanai dan terlaksana dengan baik.

Mungkin gambar 2 orang

Ngajiman selaku Ketua RW 02 Dusun Tempel menyambut baik atas inisiatif Pengurus RT 05,salut dan berharap agar masyarakat tetap bersemangat meningkatkan rasa kepedulian dan meningkatkan partisipasi dalam program jimpitan yang sudah terbukti banyak bermanfaat bagi masyarakat,Dengan menerapkan kemandirian ini menandakan bahwa masyarakat RT 05 benar - benar punya rasa memiliki lingkungannya. (DWI)

 

Mungkin gambar 1 orang dan luar ruangan

 


Di postkan pada 2021-03-04 12:34:59 | Artikel Dikunjungi : 347x