Kabar Desa


Kabar Desa Detail

PEMASANGAN MMT INFOGRAFIS APBDES SUDAH MENJADI TRADISI SEJAK 2017

 
 
bumiayu.desa.id - Dengan seiring berjalannya waktu, rasa ingin tahu masyarakat tentang informasi pelayanan publik dari pemerintah sangatlah besar. .Berangkat dari fenomena tersebut pentingnya masyarakat menyadari bahwa  Infografis APBDES  dapat diakses oleh siapapun . Oleh karena itu sejak tahun 2017 pemerintah Desa Bumiayu mulai memasang baliho yang berisi tentang Infografis APBDES Bumiayu.

Landasan hukum dari hal ikhwal di atas adalah Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta Undang Undang desa Nomor 6 tahun 2014. MMT APBDES Bumiayu Tahun 2021 sudah dicetak sejumlah 3 lembar MMT yang akan dipasang di 3 titik 3 Dusun,berikut lokasi pemasangan Baliho :

1. DUSUN TEMPEL DI DEPAN MASJID BAITUS SA'DI
2. DUSUN TIMBANG DI HALAMAN KANTOR KEPALA DESA BUMAYU
3. DUSUN LEBO DI BELAKANG MASJID AL MUTTAQIN
 
Dari keterangan yang disampaikan Moh Johan Kepala Desa Bumiayu, dari tahun 2017,2018,2019 dan 2020 Pemdes Bumiayu memasang baliho MMT menggunakan bambu walaupun murah tetapi hanya sekali pakai. Kemudian di APBDES Tahun anggaran 2020 pemdes menganggarkan tempat baliho yang terbuat dari besi sejumlah 3 unit dengan ketinggian 5 meter dari tanah,panjang MMT 2 meter dan tinggi MMT 3 meter.Dengan adanya tempat baliho ini diharapkan setiap tahun tidak mengganti media pasangnya,namun tinggal pasang MMT saja. Namun tandasnya,yang paling utama ini adalah sebagai wujud keterbukaan publik kepada masyarakat terkait APBDES di setiap tahun anggaran, masyarakat juga bisa mengakses beberapa media informasi tentang desa di website resmi desa yaitu http://bumiayu.desa.id/ maupun di akun facebook PEMDES BUMIAYU. 
 
Tahun 2021 Desa Bumiayu rencana akan menganggarkan Handphone untuk Call Center Desa , mengingat Nomor telepon yang lama dari Telkom sudah tidak berfungsi dan tidak digunakan lagi. Semakin lama teknologi semakin canggih dan cepat perkembangannya,diharapkan kepada masyarakat juga bisa sering sering membaca berita di website ini agar bisa update informasi. (DWI)


Di postkan pada 2021-01-29 17:15:25 | Artikel Dikunjungi : 340x