Kabar Desa


Kabar Desa Detail

KUNJUNGAN OPD KABUPATEN KENDAL DALAM RANGKA MONITORING PPKM MIKRO

bumiayu.desa.id  Monitoring pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro (PPKM Mikro) dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Kendal oleh   OPD Kab. Kendal dan Tim Kecamatan Weleri hari ini Kamis 18 Februari 2021 di Desa Bumiayu.
 
Ada 4 fungsi pembentukan Posko seperti pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung operasional penanganan Covid-19 di desa/kelurahan. Adapun skenario pengendalian dilakukan dengan memaksimalkan 3T (Testing, Tracing, Treatment), isolasi pasien positif dan kontak erat, pembatasan mobilitas serta pemenuhan kebutuhan pokok. Dari hasil monitoring di wilayah PPKM Mikro sudah berjalan dengan baik dan kasus Covid 19 di beberapa desa/kelurahan telah mengalamai penurunan. Butuh kerjasama dan dukungan serta pemahaman dari semua elemen masyarakat untuk terus bahu membahu menekan penyebaran covid 19. Mari Displin Prokes untuk terus menerapkan 5 M, Memakai masker,Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
Moh Johan menjelaskan untuk penanganan covid 19 di desa bumiayu sudah berjalan dengan baik.di setiap dusun sudah mempunyai cara dan strategi masing masing,misal di dusun tempel apabila ada yang terkena covid 19 dengan status positif maka selurug RT yang ada di dusun tempel mengumpulkan iuran sukarela Rp. 100.000 per RT,kemudian bantuan bisa dibentukkan barang mentah,makanan jadi atau uang terserah dari penderita covid 19.Disamping itu dari Pemerintah Desa Bumiayu memberi Tambahan berupa beras 25 kg dan penyemprotan disinfectan di rumah dan lingkungan penderita covid 19.
 
Ada yang menarik dan bisa diapresiasi adalah ketika dalam masa pandemi ini,ada 3 RT yang kebetulan sudah terbiasa mengadakan program jimpitan Rp. 500 tiap hari perumah,sehingga kas RT hasil jimpitan tersebut digunakan untuk pembelian sembako dan dibagikan kepada warganya,Kegiatan tersebut dilaksanakan di dusun tempel RT 07,09 dan 10 . Pernah juga di RT 9 ada rumah warga milik ibu ginah yang hampir ambruk,kemudian dengan inisiatif warga RT 1 sampai dengan 10 mengumpulkan iuran bersama berupa uang,makanan,maupun tenaga. Bahkan yang punya keahlian menyanyi dan mc pun menyumbangkan lagu dan musik untuk menghibur para relawan dalam membongkar dan membangun rumah milik ibu ginah tersebut.
 
Dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro (PPKM Mikro) ini Pemerintah Desa Bumiayu sudah membuat Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019. Juga membuat struktur organisasi PPKM MIKRO yang ditempel di Kantor Kepala Desa Bumiayu.Sehingga masyarakat nantinya bisa mengetahui informasi update tentang penanganan covid di Desa Bumiayu. Adapun perlengkapan yang sudah disiapkan di Posko adalah Sprayer Tank,Hand Sanitizer,Cairan Disinfectan,Perlengkapan Cuci tangan Pakai Sabun,Sabun Cair,thermogun,APD,Masker dan Tisue.
 


Di postkan pada 2021-02-19 10:35:14 | Artikel Dikunjungi : 221x