147 WARGA TERIMA LAGI BLT DANA DESA TAHAP II, BEGINI CERITANYA..

147 WARGA BUMIAYU TERIMA LAGI BLT DANA DESA LAGI, BEGINI CERITANYA..

 

bumiayu.desa.id - Sebanyak 147 Warga Desa Bumiayu menerima Bantuan langsung Tunai ( BLT ) menggunakan Anggaran Dana Desa Tahun 2021. Sesuai dengan Perkades Bumiayu nomor 1 Tahun 2021 tentang Penetapan Keluarga penerima manfaat BLT DD Tahun 2021 Desa Bumiayu disebutkan bahwa :

Pasal 3

(1) Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) termasuk kegiatan dalam rangka penanggulangan dampak ekonomi atas pandemic Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) antara lain berupa:
a. Kegiatan penanggulangan pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19); dan/atau
b. Bantuan langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Penyaluran BLT-Dana Desa dilaksanakan oleh pemerintah desa  setiap bulan,Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ditetapkan sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) dibayarkan setiap bulan selama 12 (dua belas) bulan dan setiap bulannya akan di evaluasi.

Sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh kabupaten,Bumiayu mendapat giliran penyaluran BLT pada Senin, 22 Maret 2021.Untuk itu Kepala desa bersama Kaur Keuangan melakukan pengambilan dana dari Bank Jateng yang sudah difasilitasi di Kantor Kecamatan Weleri. Kemudian setelah melalui beberapa proses,uang tunai  dibawa ke Balai desa bumiayu untuk disalurkan kepada Para Penerima  yang sudah hadir. Sebelumnya pemerintah desa Bumiayu sudah membuat undangan kepada para penerima,disitu ditulis agar BLT diambil sendiri dengan membawa KTP asli, Fotokopi KTP dan Fotokopi Kartu keluarga dan apabila diwakilkan,untuk membuat surat keterangan dari desa ditandatangani camat,Selain itu penerima juga diwajibkan memakai masker.

Mungkin gambar satu orang atau lebih dan orang duduk

Moh Johan menyampaikan bahwa dalam kegiatan Penyaluran BLT ini selurang perangkat desa sudah dibagi tugas,dan semuanya berjalan sesuai rencana. " Sebagian berada di kantor Pelayanan untuk memfasilitasi penerima yang diwakilkan untuk dibuatkan surat keterangan, sebagian mengurusi protokol kesehatan dan pendaftaran dan yang lain seperti Sekretaris Desa dan Kaur Keuangan mengurusi pembagian Dana BLT DD di ruang Graha Bumiayu, karena ketertiban dan kedisiplinan diterapkan,pukul 10.30 WIB acara penyaluran BLT DD ini selesai dibagikan". tambahnya. hadir dalam kegiatan tersebut diantanya Bhabinkamtibmas Bumiayu Taufik nur Hidayanto, Perwakilan dari Kecamatan Weleri Munadhirin dan Pendamping Desa Ali Muhdi (22/03).

Tujuan dari pemberian BLT Dana desa ini salahsatunya adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari hari seperti sembako,sehingga diharapkan dengan menerima BLT ini masyarakat bisa terbantu kebutuhannya. Tahun 2020 Pemerintah provinsi Jawa Tengah memberikan Bantuan Keuangan yang wajib diberikan Kepada BUMDES untuk kegiatan Penjualan Sembako, untuk itulah di Desa Bumiayu mulai tahun 2021 BUMDES BUMI MANDIRI mulai membuat stand di area Penyaluran BLT DD, dengan harapan setiap penerima dipermudah untuk mendapatkan paket sembako. Dengan demikian 2 program dapat dilaksanakan dalam 1 waktu,yaitu program propinsi jawa tengah untuk penjualan sembako dan Program Kementrian Desa untuk Penyaluran BLT.

Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan dalam ruangan

Berbeda dengan bulan sebelumnya,sembako yang dijual oleh Bumdes berupa Beras,Mi Instan dan minyak goreng, kali ini Bumdes Bumi Mandiri menyediakan beras 5 kg dan bonus 1 botol air mineral sebagai apresiasi kepada Penerima manfaat yang sudah menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker. " Bumdes Bumi Mandiri merasa senang, karena dengan Penjualan sembako ini, masyarakat juga bisa mengetahui bahwa Bumdes tidak hanya punya 5 unit usaha yang sudah berjalan,namun Bumdes sudah menjadi mitra masyarakat yang mulai dikenal juga dalam penyediaan sembako",ungkap Indah Kusrini bendahara Bumdes. Kegiatan selengkapnya dapat dilihat di Channel Bumiayu TV. (DWI)

 


Dipost : 2021-03-22 15:02:52 | Dilihat : 567