Kabar Desa


Kabar Desa Detail

2 SISWI SMK NU MUALIMIN PAMITAN MAGANG DARI PEMDES BUMIAYU

 2 SISWI SMK NU MUALIMIN PAMITAN MAGANG DARI PEMDES BUMIAYU

 

bumiayu.desa.id - 3 bulan sudah 2 siswi magang dari SMK NU MUALIMIN WELERI melaksanakan kegiatannya di Linkungan kantor Kepala Desa Bumiayu. Berbagai kegiatan dan pembuatan laporan pun selama ini bisa dibantu pengerjaannya oleh siswi magang tersebut. Sejak bulan Januari 2021 hingga maret 2021 tercatat banyak hal yang sudah dicapai seperti dalam perekapan Data keluarga penerima Manfaat dari fotokopi Kartu keluarga kemudian di input ke Excel,kemudian menata kearsipan buku -buku yang ada di Kantor Kepala desa Bumiayu dan dilibatkan dalam kegiatan pertemuan yang diselenggarakan di Balai desa seperti Kampung KB maupun Pembagian BLT Dana Desa Tahun anggaran 2021.

Aisah putriani dari desa Bumiayu kecamatan Weleri dan Septiani sukmaningrum dari Desa Gringsing kecamatan Gringsing adalah 2 nama yang tercatat sebagai siswi magang tahun 2021, sedangkan di tahun 2020 juga sudah pernah ada 2 siswi magang dari SMK NU MUALIMIN WELERI juga yang melaksanakan kegiatannya di Bumiayu. Walaupun berbeda bidang keahlian yakni di sekolahan mengenyam pendidikan ilmu tentang akuntansi,sedangkan tempat magangnya dibidang pelayanan dan pemerintahan, namun setidaknya siswi magang dapat mengetahui dunia kerja nantinya setelah lulus dari SMK.

Mungkin gambar 1 orang, berdiri, duduk dan dalam ruangan

Selaku Guru Pembimbing, Arif Arga kusuma menyampaikan rasa terimakasih kepada Pihak Pemerintah Desa Bumiayu,karena sudah menerima, membimbing dan memberikan tugas sebagai bentuk pembelajaran dilapangan kepada kedua siswi SK NU MUALIMIN dalam kegiatan magang di Pemdes Bumiayu."Kami juga mengucapkan terimakasih kepada adik-adik yang sudah membantu berbagai tugas dan kegiatan yang ada di lingkungan pemdes bumiayu,semoga bekal ilmu dan pengalaman yang sudah didapat selama magang,bisa bermanfaat di sekolah maupun di dunia kerja nanti setelah lulus Sekolah " Tutur Moh Johan  Kepala desa Bumiayu dalam Sesi Penarikan Siswi Magang tersebut.

Mungkin gambar Hydayah Melaty, duduk, berdiri dan dalam ruangan

Magang kerja sering kali kita dengar apalagi kalau kita punya anak yang sedang menempuh jejang pendidikan sekolah menengah kejuruan atau perguruan tinggi. Magang  semata-mata hanya untuk menilai sejauh mana wawasan dan skill siswa namun ada tujuan lain diadakannya magang bagi siswa di SMK.Sebagian besar anak SMK tentu sudah dibekali dengan skill yang sesuai dengan jurusan atau kompetensi yang sudah ia ambil saat mendaftar SMK. Bahkan sejak kelas X semua siswa sudah dibekali dnegan berbagai macam skill yang tujuannya agar bisa diimplementasikan saat sudah nanti magang atau bahkan saat nanti sudah lulus dari sekolah. Siswa di SMK memang berbeda dengan siswa di SMA yang lebih banyak dibekali oleh teori daripada dengan praktek di lapangan. Siswa SMK memang di persiapkan untuk langsung bekerja begitu ia lulus dari SMK, karena itu mereka dibekali lebih banyak skill dan praktek dari pada dengan teori semata. Implementasi ilmu dan skill yang didapatkan saat di sekolah diharapkan bisa menjadi sebuah bekal untuk siswa memulai belajar di dunia industri.

Untuk itu magang dilakukan sebagai batu loncatan siswa untuk unjuk gigi dengan kemampuannya perusahaan tempat ia melakukan magang. Harapannya agar siswa bisa langsung bekerja ditempat ia melakukan magang jika siswa tersebut berkompeten sesuai dengan standar perusahaan. Berikut kami sampaikan tujuan dari Kegiatan Magang atau Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) :

1. Mengimplementasikan ilmu yang didapat di sekolah

2. Membentuk pola pikir yang konstruktif dan kritis

3. Melatih komunikasi dan kerjasama secara profesional

4. Membentuk etos kerja

5. Adaptasi dengan dunia kerja

6. Membentuk mental dan sikap yang bertanggung jawab

 


Di postkan pada 2021-03-23 10:13:03 | Artikel Dikunjungi : 278x