PERSAWAHAN DI BUMIAYU AKAN DIBANGUN TALUD IRIGASI PADA BULAN APRIL 2021

PERSAWAHAN DI BUMIAYU AKAN DIBANGUN TALUD IRIGASI PADA BULAN APRIL 2021

 

bumiayu.desa.id - Luas Area persawahan di desa bumiayu masih memadai untuk penanaman padi dan jagung yang tersebar di 3 Blok diantaranya berada di blok Krido utomo dusun lebo,Blok Subur Baru di Dusun timbang dan Blok Widyosono atau disebut juga Blok tempel namun lokasinya berada di dusun lebo. Produktivitas padi sangat cocok di blok lebo dan timbang, sedangkan penanaman jagung cocok di lhan persawahan blok tempel. Melihat antusias para petani dan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian padi,perlu sekali dikelola irigasi yang baik dan terarah,guna meningkatkan hasil panen yang optimal. Untuk itu pada Selasa, 23 maret 2021 di Graha Bumiayu diadakan Sosialisasi Masyarakat program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI) Desa bumiayu tahun anggaran 2021.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan dalam ruangan

Dihadiri oleh 30 orang peserta lintas sektor seperti perangkat desa, BPD,Para Ketua RT,Ketua RW dan Kelompok tani. Dihadapan peserta,Moh Johan kepala desa bumiayu menuturkan bahwa Bumiayu patut bersyukur,untuk yang kesekian kalinya bisa mendapatkan program P3TGAI lagi di Tahun 2021, Bahkan di tahun 2020 lalu disamping mendapat program bantuan pembangunan talud irigasi,Bumiayu juga mendapat penghargaan sebagai Desa Terbaik dalam P3TGAI terbaik se kabupaten kendal baik dari pembuatan laporan  maupun dari segi fisik.Tahun lalu kita juga mendapat kehormatan karena mendapat kunjungan dari Bp. Muhammad Herviano dari DPR RI juga dari Pimpinan Balai Besar Wilayah sungai (BBWS) Pemali Juana Provinsi jawa tengah untuk meninjau kondisi di lapangan dan mengetahui manfaat dari pembangunan Talud irigasi yang ada di desa bumiayu." Dalam program ini,panitia dari P3A Ngudi makmur desa bumiayu harus lebih baik lagi dalam pengerjaanya agar pemanfaatannya bisa jangka panjang,selain itu program ini juga selalu bekerjasama dengan BPK RI setelah kegiatan selesai" paparnya.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri, orang duduk dan dalam ruangan

"Kami menyambut gembira dan berterimakasih kepada pemerintah desa bumiayu karena sudah berupaya semaksimal mungkin,bukan sesuatu yang mudah dalam mendapatkan program ini,semoga program pembangunan talud irigasi ini dapat meningkatkan hasil panen bagi para petani di desa bumiayu" tutur Achmad Fachrodin Ketua BPD Bumiayu. Dia menambahkan untuk P3TGAI tahun 2021 ini diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam situasi pandemi covid 19. Tenaga Pendamping Masyarakat untuk program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI) Desa bumiayu tahun anggaran 2021 diampu oleh Seno Hadianto,ST, Menuturkan bahwa beberapa hari yang lalu sudah melaksanakan pengukuran di lokasi yang akan dibangun bersama Imam Zuhri ketua P3A Ngudi makmur beserta Sarifudin Skretaris P3A Ngudi Makmur. Ada 2 titik lokasi yang akan dibangun talud irigasi,yang pertama di lokasi sebelah selatan dusun lebo,meneruskan pembangunan talud tahun 2020,dan yang kedua di  sebelah timur dusun lebo. "Setelah kami ukur bersama ,hasilnya didapat ukuran panjang 500 m,250 m kanan dan 250 m kiri",imbuhnya.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Ada perbedaan dalam peningkatan produktivitas pertanian pasca dibangunnya talud irigasi dari program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI) Mulai tahun 2018 hingga 2020 ini,masyarakat bisa merasakan 3 kali masa panen ,hasilnya sangat bagus karena jalur pengairan semakin lancar dan tertata. Dengan tambahan pembangunan talud irigasi di tahun 2021 ini sangat diharapkan hasil panen lebih melimpah. Untuk mulai penggarapan talud tersebut direncanakan mulai bulan april 2021 bertepatan dengan bulan suci ramadlan,harapan dari Pemerintah agar pengerjaannya dilakukan dengan swadaya dan masyarakat yang terdampak covid 19 bisa bekerja dan bisa untuk kebutuhan saat lebaran nanti. (DWI)

Dokumentasi dapat dlihat di Chanel Youtube resmi Desa Bumiayu BUMIAYU TV

 


Dipost : 2021-03-24 11:57:42 | Dilihat : 525