Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Rumah Data menjadi Titik Central Informasi tentang Kampung KB , Kok bisa?

Rumah Data menjadi Titik Central Informasi tentang Kampung KB , Kok bisa?

 

bumiayu.desa.id - Dalam rangka mendukung program Bangga Kencana,BKKBN Provinsi Jawa Tengah mengirimkan 3 orang CPNS dalam kegiatan Magang lapangan untuk meninjau dan menggali informasi di rumah Data Kampung KB percontohan Bumi Sejahtera Desa Bumiayu. Rumah Data adalah rumah/tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistim pengelolaan dan pemanfàatan data kependudukan di tingkat mikro mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, menganalisis, data yang bersumber dari, dan oleh masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di kampung KB dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian keberadaan rumah data tidak bisa di lepaskan dari kampung KB.Posisi rumah data sangatlah strategis karena merupakan pusat semua penyajian data pembangunan di kampung kb baik fisik maupun non fisik.

Mungkin gambar berdiri dan kerudung

Dengan dipandu oleh Penyuluh KB Kecamatan Weleri Rosikun dan Sri Haryati, ketiga peserta magang lapangan tersebut disambut oleh Moh Johan Kepala Desa Bumiayu. " Alhamdulillah dengan dukungan dari masyarakat dan PLKB tentunya,desa kami bisa semakin berkembang ,dari kampung KB biasa ,kini bisa menjadi kampung KB COE ( Central Of Excellence) atau kampung KB Percontohan, berbagai kegiatan dapat terlaksana dengan baik oleh Tribina meliputi Bina Keluarga Lansia,Bina Keluarga remaja dan Bina Keluarga Balita. Dari segi ekonomi sudah tertangani baik oleh UPPKS kami,sedangkan yang remaja sudah tergabung dalam PIK Remaja,yang beberapa tahun yang lalu pernah menjadi PIK Remaja terbaik se kabupaten Kendal" Sambutnya (25/03).

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan

Dwi Santoso selaku Koordinator Kampung KB COE Bumi Sejahtera menyampaikan bahwa  sebenarnya desa sudah akan membuatkan Gedung Rumah Data yang baru di tahun 2020,namun karena terkendala Covid 19,akhirnya di tunda. Dengan adanya ketersediaan dan penyajian data yang valid, terkini dan terpercaya maka rumah data dapat di jadikan pusat informasi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan terutama yang terkait dengan pelaksanaan 8 fungsi keluarga. Di samping itu, rumah data juga dapat dijadikan sebagai wahana belajar dan interaksi masyarakat melalui interaksi data. Selain itu keberadaan rumah data kampung KB itu setidaknya memiliki sejumlah manfaat. Pertama, ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat menjadi salah satu prasayarat wajib. Pemenuhan akan kebutuhan data tersebut, diharapkan dapat dipenuhi melalui Rumah Data Kampung KB.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Data dasar minimal Apa saja yang dapat ditampilkan  di rumah data , berikut rinciannya :

- Data pendataan keluarga, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga

- Data statistik rutin

- Data potensi desa

- Data sektoral

- Data aktivitas Kampung KB

- Jaringan Internet dan perlengkapan komputer sebagai  media informasi online.

Mungkin gambar berdiri dan dalam ruangan

Setelah melihat berbagai fasilitas yang ada di Rumah Data Kampung KB, ketiga peserta kemudian menggali informasi lebih dalam tentang Perjalanan Kampung Kb dari sebelum mendapat program ini sampai mendapatkan gelar Percontohan. Untuk menambah visualisasi dari apa saja yang sudah disampaikan melalui sesi wawancara tadi, Dwi menayangkan berbagai kegiatan masyarakat yang sudah terangkum di Chanel Youtube Desa Bumiayu ,bisa dilihat  DISINI . Masyarakat juga bisa melihat perkembangan Kampung KB se indonesia DISINI , untuk Fanspage Kampung KB COE Bumi Sejahtera Desa Bumiayu juga bisa di lihat di salah satu aplikasi media sosial Facebook.

Mungkin gambar berdiri dan kerudung


Di postkan pada 2021-03-25 14:48:46 | Artikel Dikunjungi : 343x