Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Jangan Salah Paham Dulu , Ini Maksud diadakan Tracing Ketika Ada Anggota keluarga Yang Terkena Covid..

Jangan Salah Paham Dulu , Ini Maksud diadakan Tracing Ketika Ada Anggota keluarga Yang Terkena Covid..

 

bumiayu.desa.id - Pernah dengar kata " TRACING " ? mungkin pembaca , ada yang sudah dengar dan banyak yang belum tahu. Pelacakan kontak atau tracing adalah proses mengidentifikasi, menilai, dan mengelola orang-orang yang telah terpapar suatu penyakit untuk mencegah penularan lebih lanjut,Orang-orang tersebut disebut kontak erat. pelacakan kontak erat untuk Covid-19 meliputi upaya identifikasi orang yang mungkin terpapar dengan SARS-CoV-2, dan pemantauan harian atas kontak erat setiap hari selama 14 hari. Tujuannya adalah untuk menghentikan penularan virus dengan mengurangi jumlah orang pembawa virus yang berkegiatan.

14 Warga Abdya Positif Covid-19, 11 Diantaranya Tenaga Medis

Masyarakat tidak usah takut dengan Tracing,karena semua proses yang dilakukan demi masyarakat yang ada di sekitar,terutama satu keluarga atau yang sudah pernah kontak dengan penderita covid 19. Kontak harus tetap dalam karantina mandiri selama periode pemantauan 14 hari untuk membatasi kemungkinan orang lain terinfeksi berjaga-jaga jika kontak tersebut sakit, Kontak harus tetap dalam karantina mandiri selama periode pemantauan 14 hari untuk membatasi kemungkinan orang lain terinfeksi berjaga-jaga jika kontak tersebut sakit.

 

Untuk Desa Bumiayu, Tahun 2020 sudah terbentuk Satgas Jogo Tonggo yang diketuai RW, dibantu para ketua Rukun Tetangga, dan beranggotakan tim kesehatan, tim ekonomi, serta tim keamanan. Ketua satgas diwajibkan melaporkan kegiatan sehari-hari pada pihak desa atau kelurahan. Kemudian di Tahun 2021 juga terbentuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro,  Beberapa SDM yang terlibat di posko ini di antaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna, serta untuk ketua dijabat oleh Kepala Desa,dengan wakilnya dari ketua BPD.

Beberapa tindakan yang sudah dilaksanakan oleh PPKM MIKRO Desa Bumiayu sudah menjadi kebiasaan yang baik bagi para satgas,diantaranya  ketika diketahui ada warga yang terkena covid 19 atau berstatus positif yaitu :

1. Memberikan penjelasan dan motivasi agar tetap tenang dan jangan panik,tetap ikuti protokol kesehatan dan melakukan isolasi mandir selama 14 hari

2. Satgas melakukan penyemprotan disinfectan di rumah dan lingkungan sekitar penderita

3. Seluruh RT mengumpulkan donasi  untuk pembelian lauk pauk, sedangkan beras ditanggung oleh pemerintah desa

4. Update data di Posko PPKM MIKRO

5. Bekerjasama dengan puskesmas Weleri 1 Melakukan Tracing Gratis di seluruh anggota keluarga maupun orang yang sudah pernah berhubungan / kontak dengan penderita

Keterangan foto tidak tersedia.

Dengan demikian diharapkan agar masyarakat jangan takut dengan Tracing, semua bahu membahu untuk penyebaran covid 19 ini , mari saling mengingatkan dan minimal memakai masker agar ramadhan tahun ini kita dapat sholat tarawih di masjid dan mushola,dan lebaran ini kita dapat saling berkunjung bersilaturahmi. Yuuk tetap biasakan memakai masker. (DWI)

 


Di postkan pada 2021-03-25 15:58:04 | Artikel Dikunjungi : 382x