Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Lansia Usia 60 Tahun Keatas Mendapat Prioritas Dalam Vaksinasi Covid 19

Lansia Usia 60 Tahun Keatas Mendapat Prioritas Dalam Vaksinasi Covid 19

 

bumiayu.desa.id Sejumlah 53 orang mengikuti kegiatan vaksinasi covid 19 Gelombang kedua yang diadakan oleh Puskesmas Weleri 01. Sebelumnya atas instruksi dari Puskesmas Weleri 01, Pemerintah Desa Bumiayu telah memberikan Pemberitahuan kepada masyarakat dan mendata Jumlah lansia Usia 60 tahun keatas sekitar 465 orang. " Kami ber inisiatif membuatkan surat undangan kepada 70 orang lansia di gelombang kedua,alhamdulillah ada 53 orang atau sekitar 75% yang bersedia di vaksin, sisanya masih ada yang takut di suntik" Ujar Moh Johan Kepala desa Bumiayu (01/04).

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan

"Kami mengakui tidak mudah juga mengajak orang tua mau untuk mendapatkan vaksin ,ada yang takut jarum suntik,ada juga yang takut ada efek samping dari vaksin tersebut," ujar Sutanto Kadus 1 Bumiayu. Menurutnya, ini harus dilakukan sebab kematian lansia yang terinfeksi Covid-19 cukup tinggi padahal dari berita yang beredar 40 persen lansia yang terinfeksi virus ini tidak dapat ditolong. Siswanto kasi kesejahteraan Desa Bumiayu menambahkan bahwa mendapat giliran pertama mendapatkan vaksin adalah suatu bentuk kehormatan bagi para sesepuh di desa,sayang sekali kalau dilewatkan begitu saja,Dia menghimbau untuk gelombang berikutnya bisa mengalami peningkatan peserta.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang duduk dan kerudung

Dalam kesempatan itu Marmin mantan Sekretaris desa Bumiayu yang sudah purna jabatan juga mengikuti kegiatan vaksinasi covid 19,hadir juga Sudiyono Ketua RT 05 RW 02 Dusun Tempel beliau sangat antusias meskipun di data lansia sempat tidak masuk," Saya pengen di vaksin untuk memberi contoh kepada lansia lainnya dan memberikan testimoni bahwa suntik vaksin itu aman,cepat dan tidak sakit,jadi kita sebagai lansia wajib ikut dan sekali lagi jangan takut disuntik" Ujar Sudiyono.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan lansia sebelum vaksinasi diantaranya :
1. Istirahat cukup
Pertama, lansia penerima vaksin Covid-19 harus banyak istirahat sebelum menerima vaksin Covid-19, istirahat bagi lansia penting untuk mencegah timbulnya infeksi akut mendadak seperti demam, flu, atau kelelahan. Sebabnya, jika mengalami gejala sakit, maka vaksinasi tidak bisa dilakukan.Selain itu kurang istirahat juga bakal berpengaruh pada tingginya tekanan darah dan masalah screening kesehatan lainnya saat pelaksanaan vaksinasi.

2. Nutrisi yang seimbang
sebaiknya lansia mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dengan kandungan tinggi protein, vitamin, dan mineral, khususnya Vitamin C, D dan Zinc. Jika lansia kurang mendapat asupan nutrisi protein, maka risiko malnutrisi dan sarcopenia atau berkurangnya massa dan kekuatan otot akan mudah terjadi, selain itu imunitas yang terbentuk pasca vaksinasi menjadi kurang optimal. Setelah divaksinasi pun, lansia memerlukan nutrisi memadai untuk menjaga imunitas, khususnya lansia yang masih aktif berkegiatan, baik secara profesional maupun secara sosial

3. Bawa Kartu Tanda penduduk Elektronik


Di postkan pada 2021-04-05 11:32:25 | Artikel Dikunjungi : 96x