Kabar Desa


Kabar Desa Detail

PADAT KARYA TUNAI NORMALISASI SALURAN IRIGASI PERTANIAN

PADAT KARYA TUNAI NORMALISASI SALURAN IRIGASI PERTANIAN

 

bumiayu.desa.id Puluhan Petani yang ada di Dusun Lebo dan Dusun Timbang berbondong-bondong menuju ke sawah blok subur baru.Mereka antusias mengikuti kegiatan padat karya tunai untuk normalisasi saluran irigasi pertanian yang dilaksanakan sesuai APBDES Bumiayu tahun anggaran 2021. Kegiatan normalisasi saluran irigasi pertanian ini wajib diklakukan secara berkala,sebab sedimentasi juga terjadi setiap saat,selain itu untuk menjaga aliran airnya tetap lancar tanpa kendala sedimentasi. (05/04)

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan perairan

Program Padat Karya Tunai Desa atau biasanya disingkat dengan Program PKTD adalah salah satu program prioritas Dana Desa di Tahun 2021. Pengerjaan PKTD tahun ini meliputi  normalisasi saluran air di Persawahan Blok Subur baru, blok Krido utomo dan direncanakan di bobokan Daerah Irigasi Sidomukti. Program ini menjadi solusi di tengah pandemi untuk meningkatkan pendapatan warga desa, disamping manfaat pembangunan skala prioritas tetap berjalan, pendapatan warga desa pun mulai berangsur pulih, sehingga semua dapat terbantu dengan ada program ini. Semua program ini bertujuan sebagai program yang membantu perekonomian warga masyarakat Desa Bumiayu serta mewujudkan Program Utama Kementrian Desa dan PDTT yakni SDGs Desa.

Mungkin gambar perairan dan rumput

"Kegiatan ini dimulai dari pintu air yang ada di Desa sebelah yaitu Desa Sidomukti, dengan menggali saluran air yang sudah bersedimen,agar debit air dapat tertampung dengan maksimal " Ujar Imam Nawawi selaku Pelaksana Kegiatan Padat Karya Tunai Desa.Di tempat yang lain Kepala desa Bumiayu Moh Johan mengatakan bahwa Prioritas Dana Desa 2021 berdasarkan Permendesa PDTT 13 tahun 2020 salah satunya adalah Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang  merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan tehnologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Mungkin gambar berdiri dan rumput

Sementara itu Much Chaerudin Kaur keuangan mengungkapkan bahwa Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kriteria keterlibatan warga desa dalam program PKTD yaitu pengangguran, keluarga miskin, dan warga marginal lainnya.

Dokumentasi selengkapnya bisa dilihat DISINI


Di postkan pada 2021-04-08 12:27:42 | Artikel Dikunjungi : 167x