Kabar Desa


Kabar Desa Detail

TUGAS KADER POSYANDU APA SAJA? SIMAK BERIKUT INI

TUGAS KADER POSYANDU APA SAJA? SIMAK BERIKUT INI

bumiayu.desa.id Adakah yang masih hafal dengan lagu " Aku Anak Sehat " yang biasa kita dengan era TVRI tahun 90an? silahkah bisa dilihat DISINI . Masa kecil memang menyenangkan kalau dikenang apalagi sambil lihat foto jadul ya bunda? Kali ini kita akan mengulas tentang Tugas Kader Posyandu yang merupakan relawan dibidang kesehatan terutama kesehan ibu dan balita. Selamat bagi bunda-bunda yang sudah menjadi Kader posyandu,mengapa? sebab dengan menjadi kader posyandu,ternyata pikiran dan tenaga kita sangat bermanfaat bagi masyarakat, lelah kita menjadi Lillah dan Hasil kerja kita juga dinikmati semua pihak.

Mungkin gambar 1 orang, berdiri, duduk, kerudung dan luar ruangan

Desa bumiayu mempunyai 1 Pos Kesehatan Desa dan 4 Pos Posyandu yang tersebar di 8 RW,berikut Pos Posyandu nya:

1. Posyandu Melati 1 berlokasi di Balai Desa Bumiayu mencakup Wilayah RW 04, RW 05 dan RW 08
2. Posyandu Melati 2 berlokasi di Rumah Bp. Daryadi mencakup wilayah RW 02 dan RW 03
3. Posyandu Melati 3 berlokasi di Rumah Bp. Sarifudin mencakup wilayah RW 06 dan RW 07
4. Posyandu Melati 4 berlokasi di rumah Bp. Sutanto mencakup wilayah RW 01

Mungkin gambar 2 orang, orang berdiri, orang duduk, kerudung dan teks yang menyatakan 'Network: 6 Apr 2021 09:36:05 WIB 2 Jalan Suprat Had Prawiro Kecamatan Weleri'

Keempat Posyandu dalam pembinaan Bidan Desa Sumiyati , Beliau menjelaskan Tugas-tugas kader posyandu diantaranya menyiapkan alat dan bahan atau materi penyuluhan yang dibutuhkan, mengundang dan menggerakkan masyarakat, melaksanakan pembagian tugas, yaitu menentukan pembagian tugas di antara kader posyandu, baik untuk persiapan maupun pelaksanaan kegiatan.”Tugas kader posyandu disebut juga dengan tugas pelayanan lima meja yakni menurumkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas, membudayakan norma keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKBS), meningkatkan peran masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB, serta sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, ketahanan keluarga, dan ekonomi keluarga sejahtera,” ujarnya.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang duduk dan kerudung

Berikut ini tugas-tugas Kader Posyandu Desa pada saat hari buka, adalah:

1. Melakukan pendaftaran, yang meliputi pendaftaran balita, ibu hamil (Bumil), ibu nifas, ibu menyusui, dan sasaran lainnya.
2. Menyelenggarakan Pelayanan kesehatan ibu dan anak. Untuk pelayanan kesehatan anak pada Posyandu, dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, deteksi perkembangan anak, pemantauan status imunisasi anak, pemantauan terhadap tindakan orang tua tentang pola asuh yang dilakukan pada anak, pemantauan yang berkaitan dengan permasalahan balita, dan lain sebagainya.
3. Melakukan bimbingan bagi orang tua melakukan pencatatan terhadap berbagai hasil pengukuran dan pemantauan kondisi balita.
4. Melakukan penyuluhan tentang pola asuh balita, agar anak tumbuh sehat, aktif, cerdas dan tanggap. Dalam kegiatan itu, kader bisa memberikan layanan konsultasi, konseling, diskusi kelompok. dan demonstrasi (Praktek) dengan orang tua/keluarga balita.
5. Memberikan motivasi agar orang tua balita terus melakukan pola asuh yang baik pada anaknya, dengan menerapkan prinsip asih-asah-asuh.
6. Memberikan penghargaan kepada orang tua yang telah datang ke Posyandu dan minta mereka untuk kembali pada hari Posyandu berikutnya.
7. Menyampaikan informasi pada orang tua agar menghubungi kader jika ada permasalahan yang terkait dengan anak balitanya, jangan segan atau malu.
8. Melakukan pencatatan kegiatan apa saja yang telah dilakukan pada hari buka Posyandu

Dokumentasi selengkapnya bisa dilihat DISINI


Di postkan pada 2021-04-08 13:21:14 | Artikel Dikunjungi : 632x