Kabar Desa


Kabar Desa Detail

600 Dusun Akan Mendapat Kucuran Dana Dusun Tahun 2022, Bupati Kendal Dico pastikan Tahun 2023 100% Akan Mendapat Semua

600 Dusun Akan Mendapat Kucuran Dana Dusun Tahun 2022, Bupati Kendal Dico pastikan Tahun 2023 100% Akan Mendapat Semua

 

bumiayu.desa.id 600 Dusun Akan Mendapat Kucuran Dana Dusun Tahun 2022, Bupati Kendal Dico pastikan Tahun 2023 100% Akan Mendapat Semua , Hal itu disampaikan pada sesi Sambutan dalam acara Rapat Kerja forum Sekretaris desa Indonesia ( Forsekdesi ) Kabupaten Kendal tahun 2022 pada selasa 15, februari 2022 yang berlokasi di Gedung Serba Guna Tamanrejo kecamatan limbangan. Hadir dalam kegiatan ini Plt. Dispermasdes , Dinas PUPR, Tapem, Bank Jateng, Forkompincam Limbang, Perwakilan Paguyuban Kepala desa, Paguyuban BPD, PPDI,PPDRI dan seluruh Sekretaris Desa atau yang familier disebut carik Se Kabupaten Kendal.

Sebagai informasi bahwa di Kabupaten Kendal ada sebanyak 1.605 dusun. Untuk realisasi BKK tahap pertama pada tahun 2021 sebagai pilot project hanya untuk 19 dusun di 19 kecamatan dan sudah dilaksanakan semua, Sedangkan untuk pemanfaatannya Ada yang untuk pembangunan jalan, untuk desa wisata, perikanan, rumah produksi dan lain-lain. Sebelum menghadiri acara Raker Forsekdesi ini, Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau lokasi dusun yang menjadi pilot project di desa Jawisari kecamatan limbangan ( 15/02 ).

Bupati Dico menyampaikan pada tahun 2022 ini, Pemkab Kendal menganggarkan bantuan untuk sekitar 600 dusun, yang tersebar di semua desa di Kabupaten Kendal. Sedangkan  BKK dana dusun rencananya akan diberikan kepada seluruh dusun pada tahun 2023 dan untuk tahap Pencairan dana dusun BKK tahun 2022 ini masih menunggu SK dari Bupati Kendal. Ditambahkan, dana dusun BKK diberikan secara bertahap, karena mekanisme penganggarannya dimulai dari Musrenbang Desa, Musrenbangcam dan Musrenbangkab,Selain itu, Dico menyampaikan setiap usulan harus mengacu program desa tematik, supaya pemanfaatannya benar-benar optimal untuk kepentingan seluruh masyarakat desa.

Sebelumnya Budi Ristanto selaku Ketua Umum Forsekdesi Kabupaten kendal menyambut dan berterimakasih atas kehadiran Bapak Bupati Kendal dan Rombongan diacara Raker Forsekdesi ini. Acara Rapat kerja ini merupakan tidak lanjut dari Audiensi Forsekdesi dengan Bupati kendal pada tanggal 22 Januari 2022 , dalam kesempatan tersebut Bupati bersedia menjadi pembina Forsekdesi Kabupaten Kendal. Disampaikan juga bahwa Sekretaris Desa dalam wewenangnya akan tetap tegak lurus kepada kepala desa dan pemerintahan diatasnya, juga sebagai mitra kerja bagi teman-teman perangkat desa dalam usaha bersama membangun desa.

 

“Semoga dengan adanya Raker Forsekdesi ini, semua yang berkaitan permasalahan yang ada di desa bisa kita bahas bersama dan mencari solusi permasalahan tersebut, seperti kita ketahui bersama untuk Dana Desa tahun 2022 sudah diploting penggunaannya dari pemerintah seperti 40 % untuk penyaluran BLT, 20 % untuk ketahanan pangan , 8 % untuk penanganan Covid 19 dan sisanya hanya 32% untuk usulan desa, sehingga porsi pembangunan desa sangat berkurang, untung saja tahun 2022 ini ada Dana Dusun, sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat, untuk itu kami sampaikan terimakasih kepada Pemkab Kendal dan Bapak Bupati Dico " Imbuh Budi ristanto yang diikuti tepuk tangan dari 266 Sekretaris Desa.

Karena Padatnya Acara Bupati, Untuk sesi dialog ditiadakan dan diganti dengan sesi foto bersama per kecamatan. Selanjutnya Raker dilanjut dengan penyampaian pandangan umum Forsekdesi antar kecamatan, Kendala kerja di desa, Usulan dan masukan yang akan disampaikan ke Bupati dan yang menarik, hampir semua peserta Raker Forsekdesi ini menyampaikan pandangan tentang pekerjaan,pelayanan publik, kesejahteraan lembaga desa , dan lain-lain.

Dokumentasi Selengkapnya bisa dilihat DISINI

( kakdwi )

*


Di postkan pada 2022-02-16 14:33:36 | Artikel Dikunjungi : 422x