Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Musrenbangdes Bumiayu Tahun 2020 Berjalan Dengan Gayeng

Musrenbangdes Bumiayu Tahun 2020 Berjalan Dengan Gayeng

bumiayu.desa.id BUMIAYU - Pemerintah Desa Bumiayu Kecamataan Weleri adakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes ) dan Musyawarah penentuan skala prioritas usulan masyarakat untuk bahan penyusunan RKPDES tahun 2021 di Aula Balai desa Bumiayu (07/01) .

 

Pada kegiatan tahunan tersebut dihadiri oleh : Kepala Desa (Kades) , Ketua BPD , Ketua LPMD , Tim Kecamatan, PLD,Pendamping PKH, PKK, Bidan Desa, RT,RW,Linmas,karang taruna,kelompok tani,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta tokoh Masyarakat.

 

Kepala Desa Bumiayu mengatakan, pada Musrenbangdes tersebut dibahas tentang pengalokasian Dana Desa (DD) serta penyusunan RJPMDES selama 6 Tahun sejak Beliau menjadi Kades di Bumiayu dan Musyawarah penentuan skala prioritas usulan masyarakat untuk bahan penyusunan RKPDES tahun 2021.

 

Moh johan menyebutkan bahwa musyawarah tersebut dinilai sangat penting dalam menentukan langkah untuk melakukan rencana pembangunan sesuai permintaan para masyarakat di masa yang akan datang dan Pemdes juga menentukan pembangunan dengan skala prioritas, ucap Kades Bumiayu.

 

Dan berharap pada MusrenbangDes ini dapat menciptakan pembangunan desa yang tepat sasaran dan tepat guna. ” Ini demi terwujudnya masyarakat Desa Bumiayu yang Josss.

 

Sementara kasi pemberdayaan masyarakat kecamatan weleri menegaskan agar bumiayu tetap mengusulkan pembangunan RTLH , Senderan Kali Mati/Damar di Dusun Tempel PJU Jalan Lingkar Bumiayu Penyangkringan, Normalisasi Suplaisi Damar,serta tahun ini akan mulai melakukan pengecatan menggunakan pilox di rumah warga penerima manfaat bantuan sosial seperti BPNT,KIS,KIP dan lain lain, pungkas Rusna Rusjana

 

Pimpinan rapat dalam musrenbangdes bumiayu Dwi santoso dalam kegiatan tersebut menjelaskan tatacara ,tujuan dan output dari musrenbangdes,kemudian membagi peserta menjadi 3 kelompok dusun,dan setiap dusun dipandu oleh perangkat desa di wilayahnya masing-masing.Hal ini dilakukan sekaligus sebagai Musyawarah dusun(musdus) untuk menentukan prioritas usulan masing masing dusun.

 

Adapun usulan masyarakat pada MusrenbangDes tersebut adalah : 

1. Usulan yang akan di biayai oleh APBDes secara garis besar diantaranya :

a. Perbaikan jalan dengan rabat beton

b. pembangunan SPAL

c. Pembangunan Sender/talud

d. Pengadaan Lampu Jalan

e. Pembangunan sarana olahraga

2. Usulan yang akan dibiayai oleh APBD kabupaten/provinsi melalui musrenbangcam weleri,diantaranya :

a. pembangunan RTLH 

b. Senderan Kali Mati/Damar di Dusun Tempel 

c. PJU Jalan Lingkar Bumiayu Penyangkringan, 

d. Normalisasi Suplaisi Damar

e. Pelatihan dan pengembangan pariwisata

f. Pelatihan dan pemasaran bagi UMKM

g. Pembangunan talud Irigasi pertanian

Sedangkan Achmad Fachrodin selaku ketua BPD merasa bangga karena jalannya musyawarah sangat demokratis dan gayeng,dilihat dari 95% tingkat kehadiran peserta ,itu menandakan bahwa masyarakat merasa peduli dengan kemajuan desa bumiayu,tandasnya.

 

Untuk melengkapi keabsahan,berita acara musrenbangdes ditandatangani oleh pimpinan rapat,notulen,10 perwakilan peserta rapat dan kepala desa bumiayu.Untuk selanjutnya berkas atau dokumen musrenbangdes akan dilaporkan kepada kecamatan sebagai bahan usulan di musrenbangcam weleri yang akan digelar di bulan februari 2020 dan diinput di aplikasi sipeda.kendalkab.go.id secara online. (DWI)

 


Di postkan pada 2020-01-08 09:52:36 | Artikel Dikunjungi : 335x