Kegiatan Posyandu Harus Tetap Aktif di Masa Pandemi

Kegiatan Posyandu Harus Tetap Aktif di Masa Pandemi

 

bumiayu.desa.id Kegiatan Posyandu Harus Tetap Aktif di Masa Pandemi karena untuk memastikan balita mendapatkan vaksinasi dasar lengkap, memantau tumbuh kembang anak hingga pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil. Posyandu Melati 1 pada senin 14 Februari 2022 bertempat di Graha Bumiayu mengadakan kegiatan Pos pelayanan terpadu yang mengampu wilayah dusun timbang, Mulai dari RT 11 Hingga RT 18 dan RT 25. Posyandu edisi Bulan februari ini juga ada pemberian vitamin A bagi balita sangat banyak manfaatnya, seperti : Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare. Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap. Mencegah kelainan pada sel –sel epitel termasuk selaput lender mata.

Menurut Tri Mulheni selaku Kader Posyandu menuturkan bahwa sebelum hari buka Posyandu, kader Posyandu melati 1 melaksanakan pembagian tugas untuk kelancaran acaranya, diantaranya sebagai berikut :
a. Menyebarluaskan hari buka Posyandu melalui Speaker Musholla dan Grup Whatsapp/ Media Sosial
b. Mempersiapkan tempat pelaksanaan Posyandu.
c. Mempersiapkan sarana Posyandu.
d. Melakukan pembagian tugas antar kader.
e. Berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan petugas lainnya.
f. Mempersiapkan PMT ( Pemberian makanan tambahan ) bagi Balita.

Dalam kesempatan yang sama, Sumiyati bidan desa Bumiayu menambahi bahwa rangkaian kegiatan yang ada di Posyandu Pada hari buka Posyandu, antara lain:
a. Melaksanakan pendaftaran pengunjung Posyandu.
b. Melaksanakan penimbangan balita dan ibu hamil yang berkunjung ke Posyandu.
c. Mencatat hasil penimbangan di buku KIA atau KMS dan mengisi buku register Posyandu.
d. Pengukuran LILA pada ibu hamil dan WUS.
e. Melaksanakan kegiatan penyuluhan dan konseling kesehatan dan gizi sesuai dengan hasil penimbangan serta memberikan PMT.
f. Membantu petugas kesehatan memberikan pelayanan kesehatan dan KB sesuai kewenangannya.
g. Setelah pelayanan Posyandu selesai, kader bersama petugas kesehatan melengkapi pencatatan dan membahas hasil kegiatan serta tindak lanjut.  

" Untuk menambah wawasan dan pengalaman tentang Posyandu, tahun 2022 ini kami rencanakan untuk kader posyandu akan di bintek dan study banding ke Posyandu di tempat lain, sehingga diharapkan kualitas kader posyandu akan meningkat dan akan bermanfaat bagi masyarakat desa Bumiayu," Imbuh Moh Johan Kepala desa bumiayu ( 14/02 ).

Dokumentasi selengkapnya bisa dilihat DISINI

(kakdwi)

 

*


Dipost : 2022-02-14 12:12:18 | Dilihat : 242