Kabar Desa


Kabar Desa Detail

WOW TERNYATA.... SUDAH SAMPAI TAHAP UJI LAB KUALITAS AIR BERSIH UNTUK PAMSIMAS KEDUA DI BUMIAYU

WOW TERNYATA.... SUDAH SAMPAI TAHAP UJI LAB KUALITAS AIR BERSIH UNTUK PAMSIMAS KEDUA DI BUMIAYU

 

bumiayu.desa.id Hampir 1 Bulan proses pengeboran sumur dalam ,selesai dilakukan di Program Pamsimas Kedua bagi bumiayu ini. Dengan Kedalaman 100 meter, sumber air sudah melimpah di kedalaman 65 meter.Setelah pemasangan pipa Casing selesai,tahapan selanjutnya adalah Pengujian laboratorium tentang kualitas air bersih ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal melalui Sanitarian di Puskesmas Weleri 01.

Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan luar ruangan

Menurut Setyo Utomo, Sanitarian Puskesmas Weleri 01,Pengambilan sampel air minum harus memenuhi persyaratan sebagai berikut;
1. Pengambilan sampel direncanakan dan dilaksanakan dengan cermat dengan frekuensi yang cukup sehingga setiap ada perubahan kualitas air sewaktu-waktu dapat diketahui.
2. Sampel yang akan diuji di laboratorium harus dilakukan pengawetan sampel.
3. Ambil sampel sesuai dengan peruntukan analisis dan campurkan dengan penampung sementara, kemudian homogenkan.
4. Sampel diambil, disimpan dan dikirim dalam wadah yang steril dan tertutup.
5. Volume air yang diambil harus cukup untuk pengujian air.
6. Sampel yang diambil merupakan perwakilan kondisi sistem penyediaan air.
7. Kehati-hatian dalam penanganan sampel untuk mencegah kontaminasi atau perubahan komposisi pada sampel yang dapat mempengaruhi hasil analisa.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan

Air yang sudah diambil dari Sumbernya kemudian dimasukan ke botol khusus dari Dinas kesehatan,dan dimasukan juga didalam dirigen 5 liter yang masih baru dan belum terkontaminasi oleh cairan apapun.Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil dari kualitas air bersih tersebut rata -rata 1 bulan sejak dari pengambilan air .

 Mungkin gambar 3 orang, orang berdiri, sepeda Motor, pohon dan teks yang menyatakan 'BYSON 0) 8949 LW'

Secara terpisah, Moh Johan kepala Desa Bumiayu menyampaikan  terimakasih atas kerja keras dari BKM,SATLAK dan Pihak ketiga yang sudah menyelesaikan proses pengeboran sumur dalam. juga menambahkan bahwa Sesuai program pemerintah TA. 2021 bahwa akses 100% Sambungan Air Minum  menjadi target utama sedangkan problem yang dihadapi bahwa kebanyakan desa – desa masih banyak yang belum mengakses atau kekurangan Sambungan Air Minum yang baik dan layak maka diperlukan kolaborasi pendanaan baik ditingkat pusat, daerah dan keswadayaan masyarakat untuk menwujudkannya. Dengan adanya program Hibah Air Minum ini maka akan menjadikan masyarakat menuju akses 100% Sambungan Air Minum sehingga menigkatkan taraf hidup dan menunjang kesehatan masyarakat, merubah perilaku masyarakat tentang kesehatan menjadi lebih baik dan mendekatkan akses Sambungan Air Minum dimasyarakat.

Untuk memenuhi kekurangan kebutuhan air minum semua masyarakat Desa Bumiayu terutama Dusun Lebo, Timbang khususnya masyarakat miskin ( masyarakat berpenghasilan rendah ) maka diperlukan kegiatan pengembangan SPAM yang ada saat ini.Keadaan tersebut menggugah kesadaran masyarakat bersama BPSPAMS Desa Bumiayu mengajukan proposal permohanan Hibah Air Minum kepada Bupati Kendal sehinggga nantinya mampu memenuhi kebutuhan warga Desa Bumiayu, Kec. Weleri khususnya masyarakat Dusun Lebo, Timbang yang berpenghasilan rendah atau miskin akan air bersih. (DWI)


Di postkan pada 2021-03-17 16:36:48 | Artikel Dikunjungi : 429x