Siap-Siap Kita Akan Memasuki Internet Desa

Siap-Siap Kita Akan Memasuki Internet Desa 

bumiayu.desa.id Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok,setiap saat kita tidak lepas dari Internet melalui berbagai gadget seperti Handphone,Laptop ,tablet dan lin lain. Untuk itu Desa diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan internet yang mudah,murah dan berkualitas (09/02).

Dalam  acara Edukasi dan Literasi Sosialiasasi Produk Pembiayaan Jaringan Internet yang diadakan oleh PT. BPR KENDALI ARTHA  pada rabu, 09 Februari 2022 di Hotel Sae Inn Kendal, Sudaryanto, ST.MM mewakili Dispermasdes Kendal membuka acara tersebut. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi 50 Bumdes yang hadir,karena yang diundang adalah Bumdes yang sudah berjalan baik sehingga nantinya ketika menerima penawaran usaha dari BPR Kendali artha bisa menerima dan menjalankan dengan baik,sambutnya.

Hadir secara pribadi Direktur PT BPR Kendali artha  yang memberikan pemaparan kepada peserta sosialisasi yang terdiri dari 50 orang Pemerintah Desa dan 50 Bumdes se kabupaten kendal. Menurutnya Program internet desa ini akan menjadi salahsatu unit usaha baru bagi Bumdes. Dengan Skema sebagai berikut :

1. Desa melalui Bumdes sebagai pencari user( pelanggan internet )

2. Desa melalui Bumdes melakukan Mou kepada Icon+ melalui PLN  sebagai penyedia jaringan internet

3. Bumdes melakukan Mou kepada BPR Kendali artha sebagai dasar pembiayaan kepada Bumdes.

Program Internet Milik Desa selain bertujuan untuk mewujudkan Digitalisasi Desa juga untuk program pemberdayaan masyarakat desa, khususnya pada masa pandemi seperti ini semakin menjadikan internet menjadi suatu kebutuhan yang penting/pokok, sehingga masyarakat desa khususnya masyarakat yang tinggal pada wilayah desa terpelosok dan dengan demografi struktur wilayah perbukitan dapat menikmati/terlayani akses internet, karena program ini menggunakan perangkat FO (fiber optik), dengan adanya program ini selain bertujuan untuk mewujudkan Digitalisasi Desa juga bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan BUMDES yang selama ini belum mempunyai program kerja/usaha yang terukur untuk menjadi BUMDES yang maju, sehat serta produktif yang dapat memberikan kontribusi/pemasukan pada PAD Desa, dimana program ini merupakan kolaborasi sinergi antara BUMN, BUMD dan BUMDES.

(kakdwi)


Dipost : 2022-02-09 11:03:45 | Dilihat : 343