Detail Potensi Bumiayu

Sampahmu Saja Aku Bersihkan, Kok Kamu Masih Buang Sampah Sembarangan... TERLALU..

Sampahmu Saja Aku Bersihkan, Kok Kamu Masih Buang Sampah Sembarangan... TERLALU..


bumiayu.desa.id Aktivitas Unit usaha pengelolaan sampah dalam pengangkutan sampah di Desa Bumiayu dalam upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan di Desa memang perlu diacungi jempol. Persoalan sampah menjadi problematika setiap daerah,yang jelas sudah ada solusi saja kadang masih abai. Dan tempat favorit mereka dalam membuang sampah adalah Dipinggir jalan raya, sungai ada juga yang kebun, entah kebun sendiri atau kebun tetangga. meskipun tidak semua, hanya beberapa oknum saja yang belum menyadari tentang kebersihan adalah sebagian dari iman.

Salahsatu desa di kecamatan weleri yaitu Desa Bumiayu menjawab tantangan permasalahan tersebut dengan mendirikan tahun 2019 Unit usaha pengelolaan sampah dalam pengangkutan sampah yang masuk di Bumdes Bumi Mandiri. Dengan Konsep sederhana,Para pelanggan bisa menabung Rp. 500 per hari atau Rp. 15.000 per bulannya untuk membayar jasa pengelolaan sampah ini.


Dengan biaya yang relatif kecil,namun sangat membantu desa dan masyarakat. Mereka yang menjadi pengelola seperti Pak Gunadi, Pak sumari ,pak nur dan pak sulemi adalah relawan relawan handal. Setiap selasa dan sabtu mereka berjibaku dengan sampah. Armada yang digunakan di Dusun Tempel menggunakan motor rodatiga TOSSA karena banyak gang sempit, sedangkan dusun timbang dan lebo menggunakan armada mobil pick up L300.

Usaha pengelolaan sampah ini sebenarnya bisa menambah income Bumdes andaikata Seluruh masyarakat ikut menjadi pelanggan semua. Pasalnya yang ikut saja belum ada 50?ri jumlah KK yang ada didesa. Upaya menambah pelanggan seperti sosialisasi dan pemberian formulir pendaftaran door to door juga belum berhasil maksimal, butuh kesadaran bersama dalam permasalahan sampah ini. Walau begitu banyak sedikitnya income, Unit ini juga sudah mampu menambah Pemasukan Bagi Bumdes Bumi Mandiri.

Dokumentasi bisa dilihat DISINI dan link Youtube DISINI
Masihkah ada yang buang sampah sembarangan ????
TERLALU????????

( kakdwi )


Dipost : 2022-02-10 09:56:42 | Dilihat : 563