Baru Tau Ya Kalau Bumdes Bumi Mandiri Desa Bumiayu Juga Melayani Pembayaran PBB Kabupaten Kendal ?

Baru Tau Ya Kalau Bumdes Bumi Mandiri Desa Bumiayu Juga Melayani Pembayaran PBB Kabupaten Kendal ?

bumiayu.desa.id Sekarang eranya semua serba mudah, cepat dan dikembangkan dengan sistem satu pintu untuk mempercepat pelayanan masyarakat. Hal itu juga diterapkan di Bumdes Bumi Mandiri dalam hal inovasi pelayanan, salahsatu Unit usaha yang ada di Bumdes bumi Mandiri adalah Unit Usaha Fotocopy, ATK dan PPOB Online yang sudah beroperasi sejak 03 Maret 2019.

Salahsatu dari 5 Unit Usaha yang dimiliki oleh Bumdes Bumi Mandiri ini bergerak dibidang kebutuhan jasa pelayanan dan juga penjualan, diantaranya :

1. Fotocopy untuk membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain.

2. Penjualan Alat Tulis Kantor ( ATK )

3. PPOB atau Payment Point Online Banking yang merupakan suatu mekanisme tagihan pembayaran yang bekerja sama dengan perbankkan yang terkoneksi secara online real time sehingga rekonsiliasi data terjadi sangat cepat dengan akurasi data yang sangat akurat , Seperti :

a. Transfer Uang Semua Bank
b. Produk Listrik PLN
c. Pembayaran Tagihan Telepon
d. Bayar dan Cek Tagihan PDAM
e. Cek dan Bayar Kredit Cicilan Motor
f. Bayar Tagihan TV Berlangganan
g. Pesan Tiket Bus Online
h. Agen Pulsa dan Kuota Internet
i. Tagihan iuran BPJS Kesehatan
j. Pembayaran Pajak Bumi Dan BAngunan ( PBB )
k. Pembayaran Langganan Air Bersih Bumdes dan Langganan pengelolaan Sampah
l. Aneka macam Accesories

4. Pembayaran Langganan Air Bersih Bumdes dan Langganan pengelolaan Sampah

5. Aneka macam Accesories

6. penjilidan, Penggandaan Dokumen, Laminating dan Press Dokumen

Indah Kusrini selaku bendahara bumdes menyampaikan bahwa Bumdes Bumi Mandiri ini kami buka selama 7 hari seminggu  mulai jam 07.30 WIB sampai Jam 18.00 WIB, Kecuali untuk hari Minggu Mulai dari Jam 06.00 sampai dengan Jam 10.00 karena kalau hari minggu banyak pengunjung di Wisata Embung bumiayu sangat ramai." Selain layanan Fotocopy dan lain-lain, Setiap ada pembagian BLT Dana Desa, Bumdes juga selalu membuka stand untuk penjualan sembako di Graha Bumiayu, Kebetulan di Tahun 2020 Bumdes mendapat alokasi dana dari bantuan Keuangan provinsi Jawa tengah yang digunakan untuk penjualan sembako murah senilai Rp. 20.000.000,- " Imbuhnya.

Perlu diketahui untuk Layanan PPOB Online ini adalah salahsatu bentuk kerjasama antara Bank jateng dengan Bumdes Bumi Mandiri dengan menggunakan aplikasi laku pandai. Hal itu dimanfaatkan juga dengan bekerjasama dengan pemdes bumiayu dalam kaitannya dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan atau PBB. " sebelum ada PPOB di Bumdes ini, masyarakat membayarkan PBB di perangkat desa maupun ke Bank Jateng, namun dalam perjalanannya ada beberapa permasalahan seperti uang PBB tidak masuk ke Bank Jateng, Kurang tertib administrasinya dan lain-lain, Untuk itulah daripada terus menerus ada prasangka yang kurang baik antara masyarakat dan Perangkat desa, maka mulai awal tahun 2019 hingga sekarang, Masyarakat kami atur untuk membayar PBB langsung ke Bumdes Bumi Mandiri saja , sedangkan tugas perangkat desa hanya membagikan SPPT PBB dan memotivasi masyarakat untuk membayar PBB sebelum Jatuh tempo agar tidak mendapat denda " Kata Dwi Santoso Sekretaris Desa Bumiayu ( 11/02 ).

Di tempat terpisah, Moh Johan kepala Desa Bumiayu menuturkan untuk penyertaan modal Bumdes yang diberikan kepada Bumdes Bumi Mandiri Unit Usaha Fotocopy, ATK dan PPOB Online ini sekitar Rp. 100.000.000,- pada tahun 2019, dan setiap tahun bisa menyumbangkan Pemasukan bagi Bumdes. " Unit usaha ini kami dirikan untuk mempermudah kebutuhan fotocopy bagi masyarakat, mengingat di Bumiayu belum ada usaha serupa, sehingga desa juga tidak mematikan usaha yang ada di masyarakat " Imbuhnya.

Harapan kedepannya, Bumdes bisa memilik Gedung yang lebih luas, usahanya bertambah dan berkembang , sehingga bisa menambah karyawan untuk mengurangi pengangguran.

Dokumen lengkap bisa lihat DISINI dan di Channel youtube BUMIAYU TV

( kakdwi )


Dipost : 2022-02-11 09:14:14 | Dilihat : 375