Bumiayu - Merajut Ukhuwah Bersama Warga Desa Bumiayu, Tim KKN MIT 16 Posko 92 UIN Walisongo Semarang Menggelar Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H.

Merajut Ukhuwah Bersama Warga Desa Bumiayu, Tim KKN MIT 16 Posko 92 UIN Walisongo Semarang Menggelar Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H.

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Tim KKN MIT 16 Posko 92 berkolaborasi dengan remaja masjid menggelar Acara Pengajian bersama warga Dusun Tempel Desa Bumiayu. Muharram atau yang dikenal sebagai bulan pertama dalam kalender hijriyah ini mempunyai keutamaan dan makna penting bagi umat Islam. Pada bulan inilah Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah. Tak hanya itu saja, di bulan Muharram juga terdapat hari yang istimewa, yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram.

Acara Peringatan Muharram ini berlangsung mulai pukul 20.00 - 22.00 bertempatkan di Masjid Baitussa’di Dusun Tempel, Desa Bumiayu. Dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat serta warga sekitar, baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa. Acara ini mengusung tema “Merajut Ukhuwah, Tingkatkan Ibadah untuk Menggapai Berkah” yang dimeriahkan oleh penampilan Rebana Tim KKN Posko 92 bersama Remaja Masjid, Tahlil Bersama serta Tausiyah yang dibawakan oleh Saudara Imam Taufik salah satu anggota Tim KKN Posko 92.

“Ukhuwah itu dibagi menjadi 3 yaitu Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat islam), Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan Ukhuwah Basyariyah (persaudaraan umat manusia)” ujar Imam Taufik. Sehingga dengan terjalinnya hubungan atau tali persaudaraan yang baik dengan mengharap ridha Allah SWT, dapat memunculkan sikap tolong menolong yang akan menciptakan ketentraman dalam hidup. Dengan diadakanya acara ini diharapkan bahwa kita senantiasa mengingat makna Tahun Baru Islam dengan memperbanyak amal ibadah yang akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.


Dipost : 20 Juli 2023 | Dilihat : 466

Share :