Bumiayu - Dalam Rangka Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ), Kader PKK bersama Tim KKN MIT16 Posko 92 UIN Walisongo Lakukan Pendataan Deteksi Kesehatan Jiwa

Dalam Rangka Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ), Kader PKK bersama Tim KKN MIT16 Posko 92 UIN Walisongo Lakukan Pendataan Deteksi Kesehatan Jiwa

Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) merupakan suatu upaya layanan program kesehatan jiwa berbasis masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa akan pentingnya kesehatan jiwa, meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap risiko dan bahaya kesehatan jiwa, serta meningkatkan kesadaran masyarakat desa dalam melaksanakan Perilaku Sehat Jiwa.

Dalam program ini para Kader PKK Desa Bumiayu bersama Tim KKN MIT 16 Posko 92 UIN Walisongo melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa, mulai dari Sosialisasi, pendataan Deteksi Kesehatan Jiwa Keluarga di Desa Bumiayu hingga rekap data keseluruhan. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 25 hingga 27 Juli 2023. Untuk kegiatan pendataan dilakukan dengan mendatangi satu persatu rumah warga serta mencatat beberapa data diantaranya jumlah jiwa sehat, berisiko dan gangguan (ODGJ), setelah pendataan dilakukan selanjutnya data dikumpulkan dan direkap. Berdasarkan hasil rekap data yang dilakukan pada tanggal 27 Juli 2023, dari 8 RW di Desa Bumiayu terdapat 500 KK dengan 1.656 jiwa. Sejumlah 1.474 orang termasuk dalam kategori Jiwa Sehat, 167 orang termasuk Berisiko dan 10 orang termasuk dalam kategori Gangguan (ODGJ).

Melalui program ini diharapkan jumlah pengidap gangguan jiwa ataupun yang berisiko dapat ditekan dan dicegah, mendapatkan pelayanan yang sesuai serta masyarakat dalam kategori sehat dapat diberdayakan secara optimal untuk bersama-sama peduli dan membantu pengidap gangguang jiwa ataupun jiwa berisiko agar tetap mendapatkan haknya sebagai individu.

 


Dipost : 05 Agustus 2023 | Dilihat : 617

Share :