Bumiayu - Menyambut 1 Muharram Dengan Pentas Seni, Desa Bumiayu Kembali Tampilkan Kesenian Barong Untuk Memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 H

Menyambut 1 Muharram Dengan Pentas Seni, Desa Bumiayu Kembali Tampilkan Kesenian Barong Untuk Memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 H

Memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 H Desa Bumiayu kembali menggelar Pentas Seni Barongan Singo Krido Budoyo. Kesenian Barong merupakan salah satu kesenian ciri khas Kabupaten Kendal salah satunya di Kecamatan Weleri Desa Bumiayu. Seni Barong menjadi iconic tersendiri yang biasanya ditampilkan dalam acara besar maupun kegiatan yang berbau sakral. Kesenian barongan ini diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Pentas Seni ini diselenggarakan pada 19 Juli 2023 selama 1 hari dari pagi hingga malam di wilayah Dusun Tempel RT 6 RW 2 dan dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat hingga ratusan warga dari berbagai dusun lainnya. Acara dibuka dengan selametan tumpengan serta pembacaan doa demi kelancaran pentas seni ini dan agar seluruh pemain diberi keselamatan. Setelah pembukaan, acara pun dimulai dengan berbagai tarian diantaranya barongan, dawangan, burok, jaranan dan lain sebagainya. Penampilan tari ini dimulai dari pagi hingga malam hari secara berturu-turut, dengan penuh rasa sukacita dan gembira pentas kesenian barong ini disambut meriah oleh warga.

“SKB adalah kesenian cikal bakal yang ada di Bumiayu, dari masyarakat untuk masyarakat dan merupakan kesenian yang pertama di Bumiayu, harapannya semoga SKB ini dapat dikenal oleh masyarakat luas yang ada diluar, dan mengharumkan nama Desa Bumiayu” ujar Pak Sutanto, Kepala Dusun Tempel Bumiayu. Kendal memiliki kesenian khas yaitu barongan, berbeda dengan barongan yang lain, bumiayu memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan adanya kepala atau patak singa yang dibentuk dari tahun 1920. Harapannya semoga kesenian SKB bisa maju dan meluas ke masyarakat luar.


Dipost : 2023-07-21 00:04:43 | Dilihat : 590

Share :
s